Cara Membuat Anyaman Dari Bambu

Cara Membuat Anyaman Dari Bambu – Bambu adalah tanaman yang memiliki nilai jual karena biasa nya dibuat dalam membuat berbagai macam kebutuhan seperti tusuk sate hingga kesenian seperti seruling dan lain nya. Apalagi nilai jual bambu akan meningkat ketika di olah menjadi suatu hal yang menarik seperti anyaman bambu.

anyaman.png

Jika anda tertarik untuk belajar membuat anyaman bambu atau kerajinan tangan lain nya, mungkin anda bisa belajar dari membuat anyaman bambu yang paling sederhana terlebih dahulu. Siapa tahu anda bisa mendatangkan keuntungan dari menjual aneka anyaman bambu. Bagi anda yang belum tahu membuat anyaman bambu, simak ulasan nya berikut ini:

  1. Langkah pertama dalam membuat anyaman bambu ini adalah dengan menyiapkan bambu sebagai bahan utama nya. Pilihlah bambu yang sudah matang tapi jangan terlalu tua karena akan sulit untuk dibentuk menjadi kerajinan tangan. Sedangkan jika anda membuat bambu yang masih terlalu mudah juga akan sulit karena memiliki banyak serat yang tajam sehingga bisa melukai anda.
  2. Ketika anda memilih bambu, sebaiknya pilihlah bambu yang memiliki ruas sejajar.
  3. Setelah bahan nya siap, anda siapkan juga alat yang akan gunakan dalam membuat anyaman bambu seperti gergaji, paku ukuran kecil, parang dan pisau serut.
  4. Setelah semua bahan dan alat sudah tersedia, anda bisa segera belajar membuat anyaman bambu seperti kipas dan lain nya sebagai langkah awalnya karena lebih mudah dibanding dengan anyaman jenis lain.
  5. Untuk membuat anyaman, yang perlu anda lakukan adalah membelah bambu secara sinkron dengan buku-buku yang dimilikinya. Pangkas secara rapi dengan parang atau gergaji.
  6. Setelah bambu dipotong dengan rapi, keringkan bambu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung agar kandungan air nya hilang. Tunggu hingga beberapa hari agar bambu benar-benar kering.
  7. Setelah bambu sudah mengering dan tidak mengandung air lagi. Belahlah bambu menjadi 2 bagian secara vertical sehingga anda bisa mendapatkan lekukan yang konkaf pada bambu.
  8. Rautlah potongan bambu tersebut dengan pisau yang tipis dan tajam. Buatlah bambu menjadi potongan tipis dengan hati-hati. Jangan sampai rautan tersebut terlepas ditengah jalan.
  9. Langkah selanjutnya adalah menganyam, jadi anda harus punya keterampilan dalam menganyam bambu terlebih dahulu sebagai dasarnya. Selain itu anda membutuhkan keuletan dan ketekunan dalam membuat anyaman.
  10. Selanjutnya siapkan 2 helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke daging, dan satunya lagi menghadap ke kulit.
  11. Setelah itu siapkan bambu anyaman yang berbentuk panjang dari bambu. Sebaiknya pada sumbu satunya menggunakan ukuran zigzag agar memudahkan proses penganyaman untuk balik.
  12. Buatlah sebuah sudut dari anyaman dengan menyilangkan kembali anyaman. Setelah itu lipatlah irisan bambu tersebut dengan bentuk sejajar dengan bagian sumbu bagian tengah nya.
  13. Hitungan pada anyaman sebaiknya menggunakan hitungan satu tiga satu karena lebih mudah.
  14. Anyaman bambu telah selesai dibuat.

Itulah Cara Membuat Anyaman Dari Bambu yang bisa kami informasikan untuk anda, semoga informasi seperti ini bisa membantu anda dalam mengolah bambu menjadi lebih bernilai jual tinggi. Ada banyak jenis bambu dan banyak juga alat yang bisa digunakan dalam mengolah bambu menjadi bernilai tinggi. Oleh karena itulah bagi anda yang ingin membuat kerajian atau mengolah bambu menggunakan mesin, anda bisa membelinya di Rumahmesin.com. Selamat mencoba dan terima kasih.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s