Cara Memilih Bambu Yg Baik Dan Berkualitas

Cara Memilih Bambu Yg Baik Dan Berkualitas – Bambu adalah bahan yang biasa nya digunakan untuk berbagai keperluan industry hingga keperluan sebagai tempat tinggal. Bagi sebagian pengusaha, bambu ini sangatlah penting, biasa nya digunakan untuk membentuk tiang dan sebagai penyangga ketika proses pembuatan nya dilakukan, apalagi untuk usaha apartemen dan lain nya. Sedangkan untuk usaha lain, biasa nya pengusaha yang membutuhkan bambu adalah pengusaha tusuk sate, dan lain sebagainya.

bmi.png

Bambu juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan, jadi banyak sekali manfaat bambu. Jika anda ingin memilih bambu yang berkualitas, tentu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, selain jenis bambu yang memang sangat beragam, anda harus belajar jenis bambu apa saja yang bagus untuk usaha anda tersebut. Karena banyak nya jenis bambu, anda perlu mempelajarinya lebih lanjut.

Selain memilih bambu karena jenis nya, anda bisa memilih bambu yang berkualitas dengan deskripsi seperti di bawah ini agar anda mendapatkan bambu yang bagus dan berkualitas:

  1. Bambu petung untuk tiang biasa nya harus setengah tua dan tidak boleh terlalu ttua karena bisa saja retak ketika sudah di pasang, sehingga jika anda membutuhkan nya untuk membuat tiang, sebaiknya anda memilih yang setengah tua agar tidak mudah rapuh atau dimakan rayap dan bisa tahan lama.
  2. Bambu gembong struktur cari yang tua. Ciri bambu sudah tua adalah suah kelaur panu atau bercak putih nya. Sudah tidak memiliki kelopak dan 10 ruas dari tanah ke atas sdah keluar akar nya pada setiap ruas nya. Ketika dipukul, bambu akan berbunyi nyaring, ketika disongket atau dipotong serat nya akan terlihat berwarna cokelat pada daging bambu. Jika bambu ketika dicium masih berbau tape atau tebu, itu artinya bambu masih mudah dan rawan sekali untuk dimakan rayap karena kadar gula nya masih tinggi.
  3. Dalam menebang bambu yang baik juga ada hari tebang, bulan tebang dan jam tebang nya. Untuk jam tebang yang bagus adalah jam 12:00 siang agar kadar gula nya rendah sehingga tidak akan dirayapi. Hari tebang nya adalah ketika hari selasa dan sabtu karena bambu akan mengalami pemudaan sel pada hari tersebut dan berimbas pada kekuatan bambu. Untuk tanggal tebang nya tidak boleh menebang bambu pada tanggal 13, 14, 15 bulan purnama karena meningginya air laut akan berimbas pada bambu yang daya serap nya meninggi secara drastis.
  4. Jangan menebang bambu yang sedang mengeluarkan rebung karena kekuatan induk bambu akan disuply pada rebung nya, kecuali jika rebung sudah memiliki panjang 3 m, kemungkinan rebung sudah mandiri atau bisa dicabut dan ditanam sehingga bambu tersebut bisa dipotong.
  5. Jangan memotong bambu saat bambu sedang mengeluarkan bunga karena bambu akan rusak ketika proses pengeringan telah selesai, biasa nya bambu akan menjadi kempes dan tidak bisa digunakan untuk bahan bangunan atau lain nya.

Itulah Cara Memilih Bambu Yg Baik Dan Berkualitas yang bisa anda lakukan, sebaiknya anda lakukan seperti di atas karena biasa nya ini memang berhubungan secara ilmiah ketika anda ingin menebang bambu dari akarnya. Kesalahan penebangan ini memang akan terlihat ketika bambu sudah di olah dan mencapai pada proses pengeringan, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bambu yang proses penebangan nya salah akan kempes. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s