Cara Membuat Papan Dari Bambu Komposit

Cara Membuat Papan Dari Bambu Komposit – Bambu biasa nya hanya digunakan untuk membuat tusuk sate atau dibiarkan begitu saja, namun ternyata bambu memiliki nilai jual yang tinggi ketika dijadikan produk lain nya, hanya membutuhkan beberapa pengolahan hingga bambu berubah menjadi sebuah produk yang bisa sangat bermanfaat untuk permasalah mebel tentunya.

bambu komposit.png

Bambu komposit ternyata bisa digunakan menjadi bahan baku mebel yang ramah lingkungan, mengapa perlu mengguakan bambu? Karena saat ini bahan kayu hutan semakin mahal dan langka sehingga tidak mudah untuk mendapatkan nya. Untuk memenuhi kebutuhan furniture, tentu anda harus bisa membuka pemikiran tentang bahan apa yang bisa digunakan sebagai gantinya. Salah satunya adalah bambu komposit ini.

Meskipun tidak banyak orang yang tahu, ternyata bambu komposit ini memiliki kekuatan yang sama dengan kayu jati atau baja sehingga mampu bertahan hingga 25 tahun. Bagaimana? Cukup bagus bukan untuk dijadikan bahan mebel. Serat bambu nya memang sangat meyakinkan, sehingga anda tidak perlu khawatir akan mudah rusak.

Bambu komposit ini memang diolah sedemikian rupa sebelum dijadikan bahan mebel, sehingga hasilnya juga bagus untuk bahan mebel. Bambu yang dibelah secara vertical akan dibagi menjadi 2 dan diberi tekanan 25kgf per cm2, selain itu juga diberi panas sekitar 150 derajat dan masih banyak lagi hal yang perlu dilakukan. Jika anda penasaran bagaimana cara membuat bambu komposit menjadi papan:

Cara Membuat Papan Dari Bambu Komposit

  1. Potong bambu dengan panjang 2,4 m, ukuran panjang nya standar dengan kayu lapis lalu belah bambu tersebut menjadi 2 bagian.
  2. Masukkan bambu tersebut ke dalam mesin crusher hingga menghasilkan pelupuh dengan bentuk rata. Ulangi langkah ini hingga 3 atau 4 kali agar retakan pelupuh nya bnayak dan halus.
  3. Masukkan pelupuh bambu tersebut ke dalam mesin pengelem atau glue spreader. Lem yang bisa anda gunakan ada 2 macam, anda bisa menggunakan urea formaldehid untuk membuat bahan interior, sedangkan untuk membuat bahan eksterior, anda bisa menggunakan fenol formaldehd.
  4. Jemurlah papan dari bambu tersebut hingga kadar air nya berkurang, maksimal kadar air nya adalah 5% jika kadar air nya lebih dari itu, maka lem akan sulit terdistribusi dan perlu waktu yang lebih lama lagi untuk sampai pada tahapan pengempaan panas, oleh karena itulah anda harus teliti akan tapahan penjemuran ini.
  5. Susunlah papan dengan arah serat bersilangan agar kekuatan nya semakin tinggi.
  6. Jika serat papan pertama membujur, dan serat papan kedua nya melintang, lakukan hal itu seterusnya. Begitu juga sebaliknya.
  7. Pres papan dengan kempa panas yang sudah anda sediakan sebelumnya, dengan tekanan 25 kgf/cm2, dan dengan panas sebesar 130 derajat celcius untuk bahan interior, sedangkan untuk bahan eksterior menggunakan panas sebesar 150 derajat Celcius.
  8. Ampas bagian tepi papan tersebut dan gerindra untuk menghaluskan nya.
  9. Papan dari bahan bambu sudah siap untuk digunakan.

Itulah Cara Membuat Papan Dari Bambu Komposit yang bisa kami informasikan untuk anda para pelaku bisnis bambu, tidak ada salahnya jika anda memulai bisnis ini karena papan dari bambu juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, selain itu papan bambu juga bisa menggantikan papan dari kayu jati yang semakin mahal harganya. Anda bisa menggunakan alternative ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari bambu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s